Monday, March 26, 2012

TERNYATA..

Apa yg kalian tau hubungan tentang Musisi dan Management..?
mungkin sebagian besar dari kalian hanya akan berpendapat secara umum kl setiap Musisi profesional punya manajemen, bener ga..? hhehehe.. ga salah sih, emeng bener, semua yg bersifat profesional pasti punya aturan baku yg mungkin tertulis ada juga yg hanya perjanjian dan kesepakatan lisan tergantung si musisinya lah pastinya..


kenapa gw nulis kaya gini..? karna mungkin saat ini gw ngerasa bahwa pentingnya sebuah manajemen dibalik kesuksesan seorang Musisi itu bertumpu pada sosok yg disebut Manager dan Manajemen..

selain mencari Job untuk si Musisi itu sendiri, Manager harus memiliki sifat dan keterampilan tingkat tinggi dalam menjalankan pekerjaannya.., dan apa yg dilakukan seorang manager itu akan sangat berdampak hebat baik langsung maupun tidak langsung ketika dia memiliki sebuah team yang bekerja bersamaan dengan Job Desk yang telah disepakati dan di kuasai bersama sama..

apa sih yg mau disampaikan..?

gini nih, selama ini ada beberapa Musisi amatir or seseorang yg akan memilih jalur sebagai pekerja seni seringkali bertanya sama gw tentang how to be some one like me..? maksudnya adalah gimana caranya supaya dia atau band nya punya karya dan bisa dinikmati oleh orang banyak sama seperti apa yg gw dan teman2 lakuin saat ini..?
Jawaban gw singkat dan padat.., Berkarya semaksimal mungkin, jangan ragu dan cari orang /tim yg tepat utk mewakili kalian untuk urusan bisnis alias cari Manajemen..

Mantan manager gw dulu pernah berpesan yg ampe hari ini ga akan gw lupa, he said.. "GOOD PRUDUCT BAD MANAGEMENT = BAD RESULT,  BAD PRODUCT GOOD MANAGEMENT = STEADY"
Ngerti ngga..?
hahahahahahahaha..., simple nya sih gini,
kalian yg punya skill anjing anjingan, punya gaya panggung setan setanan aksi panggung sarap sarapan, rekaman album edan edanan dengan kualitas dan teknik tingkat mampus itu akan bisa mengambil porsi di industri ini apabila kalian punya orang yg bersifat memperjuangkan kalian dengan darah dan air mata tapi lewat jalur diplomasi, jalur lobby jalur bisnis, itu akan sangat berpengaruh banyak, tp apabila punya album rekaman sekeren Devid beckham tp tidak ada yg memperjuangkan or punya skill mateng di industri ini, karya kalian hanya akan beredar di Hardisc hardisc dan dunia maya alias dibajak kanan kiri tanpa ada sedikitpun hasil yg akan kalian terima dari kerja keras kalian sebelumnya..

satu lagi pesan gila nya "PARA SPONSOR ITU BUKAN MUSISI, MEREKA PE BISNIS YANG HANYA BERPIKIR PROFIT, YOU WANNA JOIN THEM..? ACT AND THINK LIKE THEM, THEN U'LL BE ONE OF THEM"


simple gak sih..? hahahahahahah

Tapi sebaliknya, album kalian termasuk standar industri, or mgkn bisa dibilang kurang ber skill or apalah sebutannya tp kalian punya orang gila diluar band dan mampu fight like a dog di industri ini, gw jamin, akan ada sedikit tempat utk kalian bertarung di industri yang sangat kejam ini.. gak percaya..? coba aja.. hahaha

jadi sebenernya apa yg dibutuhkan sorang Musisi utk bisa menjalankan kerajaan bisnis dan mempertahankan eksistensinya di industri?

Si vocalist dan bassist legendaris Paul McCartney aja bilang, "kalo ada personil ke 5 dari the Beatles itu pasti Manajer nya" hehehe...

 

gw punya sdikit gambaran siapa tau berguna.., gak juga gpp.. ga rugi kok.. hahahah

semua Musisi harus wajib dan akan langgeng karir nya bila semua urusan bisnisnya di handle oleh seorang manager, kualifikasinya sendiri kaian yg tentuin deh, udah pada gede kudu ngerti sendiri, manager yg bagus tuh kaya gimana.. hehehe

di industri ini, hampir rata rata Musisi punya juga yg disebut dengan Personal Manager, fungsinya banyak bgt, dari jagain tas lo ampe minta tlg bliin bedak, rokok atau cemilan, ngurusin waktu janji sm temen sahabat, client  dan yg selalu stenbei di samping lo ketika ada event or sedang berada di tengah tengah event atau bahkan di luar event.



untuk mempersolid sebuah grup dari para musisi, kita harus punya yg namanya Team Produksi, ini di pimpin sama seorang Road Manager yang akan menghandle soal Tata panggung, spesifikasi alat alat band, traffic perjalanan, additional player (kalo ada) dokumentasi, security, makan artist dan seluruh team, tiket perjalanan, dsb.. ga bisa dianggap sepele, butuh orang yg berpengalaman dan lincah serta mengerti lingkup pekerjaan yg dilakoninnya..


catet tuh, udah ada 3 manager di sebuah grup BISNIS MANAGER, PERSONAL MANAGER, ROAD MANAGER


masih simple atau udh mulai ngaco..? Bodo amat..


untuk sebuah band baru, maintanance fans adalah segalanyaaaaaaa..., kenapa? karna penggemar musik di tanah air yg kita sampahin mulu tiap hari tuh LABIL, kalian ga muncul, pasti mereka pindah kelain hati.. ga percaya..? cobain.. hahahahaha


jadi butuh satu orang dengan jiwa pemimpin dan knowledge tentang visi dan misi kalian di band di transfer ke fans lewat manusia ini, pendataan, penyuluhan, dsb itu akan memetik hasil nya gak dalam waktu dekat, ini obrolan panjang dan gak akan brenti, karna seiring waktu berputar, umur bertambah, selera berganti , minat berubah. kl kita tidak maintain fans ini, Selamat.. kalian RUGI.. hehehe


Selain CD dan Off Air alias manggung, pendapatan musisi sebagian besar ada di Merchandise, nah.. ini juga butuh orang yg mengerti tentang trend yg sedang booming di industri dan mampu memanjakan fans dengan produk2 yg bersifat sentuhan personal terhadap fans nya kentel..


jadi selain punya 3 manager yg punya job desk masing2, sebagai pelaku industri yg ingin bertahan dan mampu hidup di industri ini,  kita harus punya tim yg udah gw tulis diatas.. sedangkan untuk sistem kerjanya, senyaman nya kalian aja.. mo rekonrol bebas tp ada aturan nya, percuma juga sok profesional tp pas eksekusi katrok semua..


simple kan..? hahahahahaha simple pala lo peang...!!
lets lahhh.. Ternyataa,, :p

4 comments:

Ijal_Friezt said...

tulisanya keren om..
mungkin akan banyak membantu buat temen-temen saya,,

Unknown said...

Maaf om ari,gue mengklaim secara pribadi bukan penggemar musik yang labil. Anda berkarya maupun tidak,itu tak mengubah idealisme gue untuk menyukai karya anda dan kawan2 sebelumnya.
Dan gue tunggu karya anda di Fade2black. #WORDZ

Ijal_Friezt said...

sebernya tadi saya ngomentarin soal pelajaran atau ilmu yang bisa saya dapet...
cuma karna om desta ngomen soal isi yang lainya saya ikutan ah :D

kalo saya sih kayanya termasuk yg labil deh, yang menurut saya enak didenger ya saya dengerin tanpa mandang aliran dan siapa yg membawakanya.
kalo sejauh ini sih saya suka dengan lagu-lagu om santoz dkk. tak lupa saya juga nunggu karya om santoz di Fade2black. #WORDZ
semoga cocok di telinga saya, dan 3 lagu (word of error, Guess Whos Back dan Booster) Fade2Black yang saya punya serta sudah saya dengar di myspace sejauh ini semuanya cocok :)
Good Luck

GREEN ROOM said...

Weedeewww..,
Banyak penyusup skrg di room gw.., hahahahahahahaha... Thx to ya'll

sperti yg ud tertera di bio gw,
i can wrote everything i want in my room..,
soal labil dan gak labil nih, hehehe.. gw ga liat singkup kecil tp lbh global.. mgkn salah satu dari kalian keberatan tp gw kan bodo amatan hahahahhahaha.. No offens, tp thx ud mampir..